selamat datang di dunia DREAM VS REAL

Sabtu, 27 November 2010

Apa itu WiMAX Broadband?

disini penulis mengambil dari beberapa sumber, tapi sebenarnya tentang pengertian dari WiMAX itu sendiri sama, penulis hanya ingin membagi wawasan dari berbagi sumber yang telah dihimpun, selamat menyimak.
FreeWiMAXInfo
Apa itu Teknologi WiMAX (802.16)
Teknologi WiMAX juga merupakan salah satu teknologi nirkabel yang muncul yang menyediakan data kecepatan tinggi mobile dan layanan telekomunikasi. WiMAX singkatan dari Worldwide Interoperabilitas untuk Microwave Access dan itu didasarkan pada IEEE 802.16 standards.di dunia teknologi, memiliki begitu banyak teknologi yang membantu dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari seperti transportasi, komunikasi dll. Teknologi WiMAX providess koneksi kecepatan yang lebih tinggi sampai 70 Mbps di wilayah 30 mil. Tidak ada kebutuhan untuk koneksi garis pandang antara terminal klien dan stasiun pangkalan di teknologi WiMAX dan dapat mendukung ratusan bahkan ribuan klien dari sebuah base station tunggal. Hal ini juga ditentukan dalam standar 802.16 bahwa ia akan mendukung aplikasi latency rendah seperti suara, video, dan akses internet pada saat yang sama.
Baca Lengkapnya freewimaxinfo
Wimax adalah singkatan dari Worldwide Interoperabilitas untuk Microwave Access. teknologi Wimax adalah teknologi telekomunikasi yang menawarkan transmisi data nirkabel melalui sejumlah metode transmisi, seperti akses internet mobile portabel atau sepenuhnya melalui arahkan ke link multipoints. Teknologi Wimax menawarkan sekitar 72 Mega bit per detik tanpa memerlukan infrastruktur kabel. teknologi Wimax didasarkan pada standar yang IEEE 802.16, biasanya juga disebut sebagai Broadband Wireless Access. WiMAX Forum menciptakan nama untuk teknologi Wimax yang dibentuk pada pertengahan Juni 2001 untuk mendorong kepatuhan dan interoperabilitas dari standar IEEE 802.16 Wimax. Wimax teknologi sebenarnya didasarkan pada standar yang membuat kemungkinan untuk pengiriman akses broadband last mile sebagai pengganti kabel konvensional dan garis DSL.
lebih lengkap baca FreeWiMaxInfoTechnology

Wikipedia English
WiMAX (Worldwide Interoperabilitas untuk Microwave Access) adalah sebuah protokol telekomunikasi yang memberikan tetap dan sepenuhnya mobile akses Internet. Revisi WiMAX saat ini menyediakan sampai 40 Mbit / s dengan IEEE 802.16m update diharapkan dapat menawarkan hingga 1 Gbit / s kecepatan tetap. Nama "WiMAX" diciptakan oleh Forum WiMAX, yang dibentuk pada bulan Juni 2001 untuk meningkatkan kesesuaian dan interoperabilitas dari standar. Forum ini menggambarkan WiMAX sebagai "sebuah standar teknologi yang memungkinkan pengiriman akses broadband wireless last mile sebagai alternatif kabel dan DSL".
Terminology
WiMAX mengacu pada implementasi interoperable standar 802.16 wireless-jaringan IEEE (diratifikasi oleh WiMAX Forum), dalam kemiripan dengan Wi-Fi, yang mengacu pada implementasi interoperable standar IEEE 802.11 Wireless LAN (diratifikasi oleh Aliansi Wi-Fi). Sertifikasi WiMAX Forum memungkinkan vendor untuk menjual peralatan mereka sebagai WiMAX (Fixed atau Mobile) bersertifikat, sehingga memastikan tingkat interoperabilitas dengan produk bersertifikat lain, selama mereka memenuhi profil yang sama.
IEEE 802.16 standar membentuk dasar dari 'WiMAX' dan kadang-kadang disebut bahasa sehari-hari sebagai "WiMAX", "Tetap WiMAX", "Mobile WiMAX", "802.16d" dan "802.16e." Klarifikasi nama formal adalah sebagai berikut:
  • 802.16-2004 juga dikenal sebagai 802.16d, yang mengacu kepada pihak kerja yang telah dikembangkan yang standar. Hal ini kadang-kadang disebut sebagai "WiMAX tetap," karena tidak memiliki dukungan untuk mobilitas.
  • 802.16e-2005, sering disingkat menjadi 802.16e, adalah sebuah amandemen terhadap 802.16-2004. Hal ini memperkenalkan dukungan untuk mobilitas, antara lain dan karena itu juga dikenal sebagai "Mobile WiMAX".
Mobile WiMAX adalah WiMAX inkarnasi yang memiliki minat yang paling komersial untuk tanggal dan sedang aktif digunakan di banyak negara. Mobile WiMAX juga merupakan dasar dari revisi masa depan WiMAX. Sebagai referensi tersebut, dan perbandingan dengan "WiMAX" dalam artikel Wikipedia berarti "Mobile WiMAX".
baca lebih lengkap Wikipedia English

PaloWireless
WiMAX didefinisikan sebagai Worldwide Interoperabilitas untuk Microwave Access oleh WiMAX Forum, dibentuk pada bulan Juni 2001 untuk meningkatkan kesesuaian dan interoperabilitas dari standar IEEE 802.16, secara resmi dikenal sebagai WirelessMAN. Forum menjelaskan WiMAX sebagai "sebuah standar teknologi yang memungkinkan pengiriman akses broadband wireless last mile sebagai alternatif kabel dan DSL".
"WiMAX bukan teknologi, melainkan tanda sertifikasi, atau 'cap persetujuan yang diberikan kepada peralatan yang memenuhi kesesuaian tertentu dan tes interoperabilitas untuk keluarga IEEE 802.16 standar. A kebingungan serupa mengelilingi istilah Wi-Fi, yang seperti WiMAX , adalah sebuah tanda sertifikasi untuk peralatan didasarkan pada seperangkat standar IEEE yang berbeda dari kelompok kerja 802.11 untuk jaringan area lokal nirkabel (WLAN). Baik WiMAX, atau Wi-Fi adalah teknologi, tapi nama mereka telah diadopsi dalam penggunaan populer untuk menunjukkan teknologi di belakang mereka. Hal ini mungkin karena kesulitan menggunakan istilah seperti 'IEEE 802.16' dalam pidato umum dan menulis. "
Bandwidth dan jangkauan WiMAX membuatnya cocok untuk aplikasi potensial berikut:
  • Menghubungkan hotspot Wi-Fi dengan satu sama lain dan ke bagian lain dari Internet.
  • Menyediakan alternatif nirkabel untuk kabel dan DSL untuk last mile (km terakhir) akses broadband.
  • Menyediakan mobile data berkecepatan tinggi dan layanan telekomunikasi (4G).
  • Menyediakan beragam sumber konektivitas internet sebagai bagian dari rencana kesinambungan bisnis.
  • Memberikan nomadic konektivitas.
lebih lengkap baca PaloWireless

DAFTAR PUSTAKA :

http://apadefinisinya.blogspot.com/2010/11/apa-itu-wimax-broadband.html