selamat datang di dunia DREAM VS REAL

Selasa, 08 Mei 2012

AUTOMATIC ROOF






AUTOMATIC ROOF

Dalam teknologi yang semakin maju ini semua kegiatan manusia dibuat serba praktis dengan adanya teknik otomatisasi. Otomatisasi adalah sebuah teknik yang bekerja secara otomatis berdasarkan respon tanpa adanya campur tangan manusia. Hal-hal yang sulit dikerjakan dan berbahaya dapat dilakukan juga dengan teknik otomatisasi ini. Oleh karena itu diciptakan Atap Otomatis ini , untuk mempermudah kita ketika turun hujan secara tiba-tiba. Atap Otomatis ini adalah sebuah sistem yang mengatur buka dan tutup atap sesuai kondisi cuaca.

Automatic roof merupakan  suatu  alat  yang  mampu merespon kondisi perubahan cuaca yang sangat ekstrim  di sekitarnya berupa tingkat intensitas cahaya dan curah hujan dalam bentuk Sistem Atap Otomatis.  Sistem  pengontrol  pada  alat  ini  dikendalikan  oleh  Mikrokontroler  AT89S51, dengan menggunakan 2 input, yaitu sensor cahaya (LDR) dan sensor air, serta 1 output, yaitu Motor DC yang berputar secara CW dan CCW . Kedua switch pada Automatic Roof ini digunakan untuk menghentikan perputaran Motor DC dengan mengirimkan logika input ke AT89S51, jika atap sudah membuka atau menutup sampai batasannya (ujungnya).  Dengan  adanya 2  sensor  sebagai  input  logika  AT89S51,  maka  banyaknya output yang dapat terjadi berjumlah 4, yaitu berupa pergerakan menutup atau membuka atap.

Cara Kerja Alat
Untuk cara kerja alat ini sendiri sebagai berikut :

1.    Beri tegangan DC pada rangkaian auto roof sebesar +5v dan +12v
2.    Dalam keadaan normal rangkaian autoroof mendapat kondisi terang dan cerah sehingga atap membuka.
3.    Selanjutnya ketika atap membuka dan menyentuh switch, maka motor akan berhenti.
4.    Untuk membuat atap menutup, cukup membuat penekanan pada switch yang disimulasikan sebagai keadaan matahari gelap atau cuaca hujan, sehingga perputaran motor pun berubah, dikarenakan output yg dikeluarkan.
5.    Untuk mendapatkan kondisi yang lain perhatikan tabel dibawah ini :

Tabel Kondisi Cuaca
Kondisi Matahari
Kondisi Cuaca
Gerakan Atap
Gelap
Hujan
Menutup
Gelap
Cerah
Menutup
Terang
Hujan
Menutup
Terang
Cerah
Membuka

Keterangan :

1.      Kondisi matahari menggunakan sensor LDR, dengan keadaan gelap (logika 0), dan keadaan terang (logika 1)
2.      Kondisi cuaca menggunakan sensor air, dengan keadaan hujan (logika 0), dan keadaan cerah (logika 1)
3.      Kondisi atap menutup apabila keadaan cuaca di sekitar (gelap>< hujan) sedangkan kondisi atap membuka apabila keadaan cuaca di sekitar (terang>
4.      Untuk menghentikan motor pada setiap perputaran terdapat 2 buat switch untuk perputaran atap menutup dan membuka.

Applikasi Alat
Aplikasi dari alat automatic roof  ini adalah sebagai berikut :
a.       Atap otomatis
b.      Atap Lapangan Stadion
c.       Atap Kolam Renang, dll.